Pentingnya Perbaikan Bisnis Secara Berkelanjutan Thursday, 04 April 2024 10:11

 

UNAIR NEWS – Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA) UNAIR kembali adakan Airlangga Entrepreneur Club. Kegiatan itu bertajuk Metode Perbaikan Berkelanjutan untuk Pertumbuhan Bisnis yang berlangsung pada Rabu (20/3/2024) melalui zoom meeting. Hadir sebagai narasumber, Reza Zamir selaku Co-Founder SyariHub.id.

Reza menyatakan bahwa dalam bisnis perlu adanya manajemen bisnis yang tepat, sehingga bisnis dapat berjalan secara berkelanjutan. Ia mengungkapkan bahwa penting adanya perbaikan bisnis, baik dilaksanakan setiap bulan maupun setiap tahun. Ia menambahkan apabila tidak adanya perbaikan bisnis, maka berdampak terhadap penurunan kinerja secara keseluruhan dalam bisnis tersebut.

“Di Awal membangun bisnis, saya masih belum tau bagaimana cara kerja perbaikan bisnis, sehingga berpengaruh terhadap manajemen bisnis yang buruk. Paling buruk, apabila tidak terdapat perbaikan bisnis mengakibatkan kegagalan bisnis,” ungkapnya.

Reza memberikan rekomendasi buku bacaan dalam membangun siklus bisnis, yakni buku “The Lean Startup” karya Eric Ries. Ia menjelaskan dalam buku tersebut terdapat siklus bisnis dimulai dari membangun, mengukur, belajar, dan siklus ini berjalan secara terus menerus untuk menciptakan manajemen bisnis berkelanjutan.

“Bagaikan darah yang terus mengalir di tubuh untuk terus menunjang kehidupan, bisnis juga demikian. Agar bisnis terus berjalan maka perlu perbaikan dan pembaharuan mengikuti perkembangan zaman,” tuturnya.

 

Metode Objectives and Key Result
Reza mengungkapkan terdapat metode objectives and key result (OKR) untuk membangun manajemen bisnis. Ia menjelaskan OKR yakni metode pengelolaan kinerja yang menggambarkan tujuan yang dicapai.

“Metode OKR dalam bisnis dapat diterapkan dengan cara per-kuartal. Kuartal dapat dilakukan setiap tiga bulan sekali dengan capaian yang harus disusun dan sesuai target, sehingga diakhir tahun tujuan dalam bisnis mampu tercapai,” ucapnya.

Reza mengungkapkan bahwa dalam mencapai OKR, perlu terdapat “design sprint” yang sistematis pada bisnis. Ia menjelaskan unsur yang perlu diperhatikan dalam “design sprint” diantaranya paham bisnis yang akan dibuat, menentukan pilihan produk, membuat prototype, dan melakukan validasi kepada tester.

“Metode OKR yang saya buat diselaraskan dengan design sprint, telah saya terapkan melalui beberapa bisnis yang saya punya, ini merupakan metode manajemen bisnis yang efisien dan berkelanjutan,” paparnya.

 

Penulis : M. Akmal Syawal

Editor : Khefti Al Mawalia

Sumber : unair.ac.id/pentingnya-perbaikan-bisnis-secara-berkelanjutan

Tags :