Webinar DPKKA dan Atma Kupas Tuntas Langkah Bangun Karir Tuesday, 07 May 2024 09:13

UNAIR NEWS – Departemen Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA) Universitas Airlangga (UNAIR) kembali mengadakan webinar persiapan karir dengan tema How to Set Your Career Goal.  DPKKA bekerja sama dengan Atma yang menghadirkan Naomi Joesoef, Head of HR Atma sebagai narasumber. Webinar itu terselenggara via Zoom Meeting pada Selasa (23/04/2024). 

Dalam acara tersebut, Naomi menjelaskan bahwa dalam menentukan goals terdapat beberapa teknik dan strategi. Akan tetapi, sebelum itu, ia mengatakan bahwa pentingnya memahami jenis tujuan. Di antaranya tujuan jangka panjang, menengah, dan pendek. 

“Tujuan jangka panjang adalah target yang membutuhkan waktu lebih dari satu tahun. Atau mungkin bahkan lebih dari tiga atau lima tahun. Jangka menengah ya kurun waktunya sekitar enam bulan sampai tahun tahun. Dan jangka pendek, yang menjadi tujuan sasaran dalam tiga hingga enama bulan,” jelas Naomi. 

 

Teknik dan Strategi Membuat Tujuan 
Dalam pemaparannya, ia menjelaskan dua teknik dalam menyusun goals yang baik, yakni dengan konsep SMART dan visualisasi. Menurutnya, konsep specific, measurable, achievable, relevant (SMART) menggambarkan tujuan seseorang secara terperinci untuk memudahkan dalam mencapai tujuan tersebut. “Teknik ini menyampaikan seluruh indikator tujuan yang ditentukan di awal dengan jelas. Contohnya, mendeskripsikan waktu yang akan kita capai, indikator keberhasilannya, dan lain-lain,” tuturnya.

Naomi juga menjelaskan teknik kedua, yakni teknik visual. Teknik visual adalah suatu teknik yang menggambarkan keinginan seseorang tersebut dalam bentuk bayangan pada hasilnya. “Jadi, teknik ini akan memvisualisasikan goals kita dengan cara kita membayangkan diri kita mencapai tujuan itu. Gunanya untuk meningkatkan motivasi dalam diri kita sendiri supaya kita jadi semangat,” jelasnya. 

 

Empat Langkah Bangun Karir 
Selanjutnya, Naomi berbagi tips dalam membangun karir. Ia menjelaskan terdapat empat langkah yang bisa diaplikasikan. Pertama, mengenali diri sendiri menjadi langkah awal dalam mencapai tujuan sesuai keinginan. “Penting untuk memahami nilai-nilai yang setiap pribadi junjung serta mengenal keahlian masing-masing,” ujarnya. 

Kedua, penting untuk mempertahankan konsistensi dalam semua hal yang dilakukan. Khususnya untuk mengembangkan nilai-nilai dalam diri dan juga kemampuan. “Kita harus selalu consistently doing what we want to do, sambil membangun karir karena secara tidak langsung akan mulai terbiasa dalam berproses,” tegasnya. 

Bagi Naomi, langkah ketiga yang paling penting dalam membangun karir adalah mampu menjalin hubungan yang baik dengan orang lain. “Kita juga harus pintar-pintar dalam menjalin hubungan dengan orang lain secara profesional. Baik secara online maupun offline, keduanya harus bisa dipahami,” jelasnya. 

Langkah terakhir, Naomi menyoroti branding seseorang menjadi salah satu langkah penting dalam membangun karir. “Karena sekarang zaman nya beralih ke digital, kita juga harus bisa membangun kehadiran pribadi kita di dunia online, tidak hanya melalui resume atau CV yang kuat,” tutupnya

 

Penulis: Venni Tanujaya

Editor: Yulia Rohmawati

Sumber : https://unair.ac.id/webinar-dpkka-dan-atma-kupas-tuntas-langkah-bangun-karir/

Tags :