DPKKA UNAIR Gandeng Pertamina Adakan Mentoring Karir bagi Mahasiswa dan Alumni Tuesday, 07 May 2024 09:19

 

UNAIR NEWS – Direktorat Pengembangan Karir, Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA) Universitas Airlangga (UNAIR) rutin mengadakan mentoring persiapan karir dalam bentuk online maupun offline. Hal itu merupakan bentuk dukungan terhadap pengembangan karir mahasiswa. Menggandeng dua praktisi dari Pertamina, mentoring itu bertajuk Tanya Jawab Seputar Dunia Kerja dan Kiat Sukses Memasuki Dunia Kerja. 

Hadir dalam mentoring itu, Donny Uyung Perkasa selaku Sr Expert 1 Tax PT Pertamina (Persero) dan Siska Puspa Sari selaku Analyst Laboratory PT Pertamina Hulu Rokan. Kegiatan itu berlangsung pada Sabtu (27/4/2024) dengan lebih dari 200 orang peserta. Mentoring itu merupakan sesi pertama dalam serangkaian kegiatan DPKKA bersama Pertamina dalam satu bulan ke depan.

“Penting sekali persiapan karir bagi mahasiswa dan alumni, karena bagaimanapun karir harus dipersiapkan agar lebih matang sedini mungkin, sehingga dapat mencapai karir impian Anda. Di sini, praktisi Pertamina akan memberikan banyak sekali Ilmu yang dapat kalian ambil dalam persiapan karir saat ini,” ungkap Lina Nugraha Rani SE MSEI selaku Kasi Pengembangan Karir DPKKA UNAIR.

 

Kenali Potensi hingga Persiapan Wawancara
Dalam mempersiapkan karir dan memasuki dunia kerja, Donny menyampaikan pentingnya mengenali potensi dalam diri. Dengan mengenalinya, setiap orang akan mampu mengenal apa yang menjadi minat dan bakatnya. Sehingga dapat menguasai keterampilan tertentu dalam dunia kerja. Hal itu akan mudah kita raih jika seseorang memiliki kedisiplinan diri yang baik. 

“Yang bisa menentukan kita disiplin adalah diri kita sendiri, oleh karena itu, kita harus menetapkan tujuan. Contohnya dalam satu tahun ke depan, atau lima tahun ke depan, apa target kita. Dengan begitu, kita akan dapat melakukan upgrade terhadap skill yang kita miliki,” terang Donny.

Selain itu, Donny menyampaikan bahwa skill untuk memasuki dunia kerja dapat diasah secara praktikal melalui program magang. Kemudian, Donny menegaskan untuk rutin membangun portofolio, sehingga dapat mengilustrasikan skill maupun proyek apa yang telah kita kuasai selama masa perkuliahan. 

Lebih lanjut, Donny menyarankan untuk memiliki mentor yang sudah berpengalaman sehingga dapat memantau dan memberikan masukan. Terakhir, Donny juga menekankan persiapan wawancara dengan berpartisipasi dalam simulasi wawancara atau mencari umpan balik dari mentor dan teman, serta mempelajari karakteristik perusahaan dan pertanyaan yang relevan untuk wawancara.

 

Ulas Pertanyaan Seputar Dunia Kerja
Sebagai founder kelas belajar CV dan interview, Siska menyampaikan beberapa pertanyaan yang kerap siswa tanyakan. Dari pertanyaan-pertanyaan tersebut, Siska menegaskan pentingnya menggambarkan jati diri setiap pelamar kerja melalui curriculum vitae (CV). Oleh karena itu, setiap mahasiswa harapannya sudah mengenali arah pekerjaan yang mereka kehendaki. Sehingga CV yang terbentuk akan sesuai dan mudah dilirik oleh perusahaan. 

 

Penulis : Febriana Putri Nur Aziizah

Editor : Khefti Al Mawalia

Sumber : https://unair.ac.id/dpkka-unair-gandeng-pertamina-adakan-mentoring-karir-bagi-mahasiswa-dan-alumni/

Tags :