Tekuni Bidang Kesehatan, Alumnus UNAIR Bagikan Kisah Berkarier di Timor Leste Wednesday, 09 October 2024 13:50

UNAIR NEWS – Universitas Airlangga (UNAIR) merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia yang terus mencetak lulusan-lulusan unggul di berbagai bidang. Salah satu sosok alumnus yang sangat menginspirasi adalah Agostinha Soares MKep atau yang akrab disapa dengan Tina. Ia merupakan alumnus Magister Fakultas Keperawatan UNAIR yang saat ini sedang meniti karier di Timor Leste. 

Tina membagikan kisahnya sebagai alumnus sekaligus bercerita tentang perjalanan kariernya di Timor Leste melalui sesi talkshow pada acara Integration 2024. Acara tersebut digelar oleh Himpunan Mahasiswa (HIMA) Teknik Kesehatan Gigi (TKG) Fakultas Vokasi UNAIR. Acara yang bertajuk “International Media Creative Health Competition and Webinar” itu terselenggara via Zoom Meeting pada Minggu (9/9/2024).

 

Perjalanan dalam Mengenyam Pendidikan 
Kesehatan merupakan aspek utama yang memengaruhi seseorang untuk dapat melakukan aktivitas sehari-hari. Hal tersebut merupakan salah satu alasan yang memotivasi Tina untuk menekuni pendidikan di bidang kesehatan, khususnya keperawatan.

“Selain karena dorongan keluarga, saya meyakini bahwa kesehatan merupakan hal penting bagi setiap manusia. Dengan kondisi fisik, mental, dan sosial yang sehat, kita bisa menjalani aktivitas sehari-hari dengan baik,” ungkapnya.

Tina yang berasal dari Timor Leste memutuskan untuk memilih UNAIR sebagai tempat ia mengenyam pendidikannya. “UNAIR merupakan salah satu universitas terbaik di dunia dengan fasilitas yang sangat mendukung proses saya dalam menempuh pendidikan. Meskipun banyak rintangan, saya bersyukur karena mendapat dukungan dari teman-teman. Sehingga saya bisa belajar menjadi pribadi yang lebih disiplin dan bertanggung jawab,” jelasnya. 

 

Tantangan dalam Berkarier
Tina bercerita tentang perjalanan kariernya yang menghadapi berbagai tantangan. Ia sempat dua kali menolak tawaran untuk menjadi kepala unit pediatri pada salah satu rumah sakit di Timor Leste karena masih menjalani studi di Indonesia. Namun pada tahun 2020, Tina akhirnya memberanikan diri untuk menerima tawaran yang ketiga kalinya untuk menjadi kepala unit pediatri. 

Tina mengungkapkan bahwa mengemban amanah sebagai kepala unit pediatri di rumah sakit nyatanya tak semudah yang ia bayangkan. “Sebagai pemimpin, penting untuk mengontrol emosi dan memahami karakter setiap anggota tim. Kita harus memahami situasi dan karakter mereka agar dapat memimpin mereka untuk bekerja sesuai dengan visi dan misi organisasi,” ujarnya. 

 

Penulis: Raissyah Fatika

Editor: Yulia Rohmawati

Sumber : https://unair.ac.id/tekuni-bidang-kesehatan-alumnus-unair-bagikan-kisah-berkarier-di-timor-leste/

Tags :