Meningkatkan Attitude, Moral, dan Disiplin SDM Thursday, 22 June 2017 06:07

Tugas dan jabatan adalah amanah yang harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab. Dengan prinsip ini kita berupaya menjadi orang yang bermanfaat bagi masyarakat. Dalam hal ini pelayanan kesehatan. Itulah prinsip yang dipegang Drg. Heru purwanto, MARS.

Dalam bekerja pimpinan harus berani mengambil risiko jabatan selama sesuai dengan aturan dan peraturan. Pimpinan juga harus menjunjung tinggi kejujuran dan sesuai dengan profesi serta kompetensi yang dimiliki.

Selain itu, pimpinan harus berani bertindak dan tanpa kepentingan. Keteladanan kepada bawahan, baik perilaku maupun dalam pelaksanaan pekerjaan, juga suatu keniscayaan.

Menurut Heru, indonesia mempunyai sumber daya alam yang kaya dan sumber daya manusia potensial. Banyak tenaga profesional yang kompeten dengan skill yang baik. Mereka tidak kalah dengan SDM negara lain. Yang harus lebih ditingkatkan adalah attitude, moral, dan disiplin dalam memelihara sumber daya.

Kedua aspek tersebut harus seimbang dan sinergis agar tujuan mulia pelayanan kesehatan, baik pelayanan medis maupun pelayanan keperawatan, dapat diterima dengan baik oleh masyarakat. Hal itu diperluka untuk mewujudkan mutu  pelayanan yang baik dan perlindungan keselamatan pasien.

Selama menjadi mahasiswa Heru juga ikut dalam kegiatan kampus. Misalnya,sepak bola dan seni. Dia juga pernah menjadi anggota folk song. Bahkan, mereka menjadi juara tingkat kota Surabaya. Sebagai anggota paduan suara Unair, dia pernah mewakili lomba Paduan Suara Tingkat Nasional.

Heru mengatakan, kurikulum di Unair sudah baik dan sangat berguna saat terjun ke masyarakat. Sistem tingkat yang diterapkan dapat memotivasi semangat belajar. sebab, bila ada satu mata kuliah yang tidak lulus, mahasiswa harus ikut remedial walaupun dengan pembatasan hanya satu kali mengulang. Bila belum lulus, mahasiswa akhirnya harus mengulang seluruh paket mata kuliah.

Saat pelaksanaan ko-asistensi dilakukan stase di beberapa unit pelayanan seperti di IGD dan semua SMF. Hal ini sangat berguna saat lulusan bertugas di puskesmas. Mereka sudah memiliki bekal pengetahuan dan skill dalam menangani permasalahan yang ada di masyarakat.

Fasilitas pendidikan sangat lengkap dan sangat menunjang sistem pembelajaran. Hal itu juga disokong dengan kualitas dosen pengajar yang sangat kompeten  dan disiplin memberikan motivasi dan keteladanan bagi mahasiswa.

Jadi 500 Besar Dunia

Unair dengan segala prestasi dan mutu pendidikan yang telah teruji sangat

direkomendasikan untuk menjadi perguruan tinggi yang masuk 500 besar dunia.

Hal ini tentu akan membanggakan seluruh masyarakat di indonesia.

Penggunaan teknologi informasi diharapkan dapat menunjang kegiatan belajar mengajar maupun kegiatan umum di Unair. terutama di bagian administrasi kepegawaian agar informasi yang dibutuhkan lebih cepat didapat.

Peran tenaga pengajar hendaknya juga didukung kegiatan administrasi maupun Birokrasi kepegawaian. Dengan demikian, mereka dapat lebih fokus tanpa dibebani kegiatan kepegawaian dan birokrasi lain.

Tenaga pengajar hendaknya punya kompetensi dan profesional, melalui seleksi yang objektif, transparan, dan sesuai dengan kebutuhan.

Sumber : Buku Jejak Langkah Ksatria Airlangga

Tags :