EKSPOR IMPOR IKAN CUPANG, HOBI MEMBAWA BERKAH Wednesday, 17 January 2018 06:07

 

Giovani, itulah sapaan akrab dari pria berkacamata alumni Fakultas Perikanan dan Perairan angkatan 2009. Hobinya untuk mengoleksi ikan cupang membawanya pada dunia wirausaha yang saat ini digelutinya. Sejak SMP pria asli Surabaya ini telah mengoleksi ikan cupang yang diikut sertakan dalam berbagai lomba. Menginjak kelas 2 SMA, Giovani mulai berternak ikan cupang dan mengembangkan ikan cupang untuk mendapatkan ikan cupang terbaik.

Dari berternak ikan cupang, Giovani mendapatkan ikan cupang terbaik yang dapat diikutkan lomba. Sementara itu ikan cupang yang kurang baik dijual.  Mengawali perjalanan bisnisnya, Giovani menjual ikan cupang miliknya ke pedagang ikan di pinggir jalan. Kerap kali Giovani mengalami penolakan dari para penjual ikan di pinggir jalan. Hingga akhirnya Giovani memulai bisnis penjualan ikan cupang melalui online hingga memiliki stand ikan cupang di Gunungsari.

Giovani yang mengikuti komunitas ikan cupang online, mempromosikan ikan cupangnya di sana. Kualitas ikan cupang yang dijual oleh Giovani sendiri ini memiliki kualitas yang bagus. Hal ini dapat dilihat melalui ternak ikan cupannya yang sering kali memenangkan lomba. Tidak hanya lomba di sekitar kampus, tetapi juga tingkat nasional. Peminat ikan cupang milik Giovani tidak hanya berasal dari ndonesia saja, melainkan juga berasal dari negara di benua lain seperti; Amerika, Australia, dan Eropa. Dalam kurun waktu dua bulan sekali, Giovani mengekspor ikan cupang ke Amerika.

Dalam merintis sebuah usaha, Giovani menemui beberapa kendala seperti mendapat komplain dari pelanggan mengenai pengiriman yang terdesak cuaca. Situasi yang tidak terduga seperti kendala cuaca membuat Giovani lebih memikirkan pengemasan saat cuaca ekstrim. Kualitas ikan cupang yang dijual oleh Giovani memiliki kualitas terbagus. Hal ini berkesinambungan dengan motto Giovani tentang keuntungan merupakan nomor sekian, yang terpenting adalah kualitas dan kepercayaan.

Giovani percaya bahwa dengan menjalin relasi yang banyak dan juga baik akan membawa rezeki tersendiri untuknya. Oleh karena itu, berjualan ikan cupang secara online dimanfaatkan oleh Giovani untuk menjalin hubungan pertemanan yang sebanyak banyaknya. Giovani sendiri merupakan seseorang yang pantang menyerah dalam menjalankan usahanya ini. Terdapat beberapa tips yang bisa diterapkan oleh para wirausahawan muda yakni; jangan mudah menyerah; jangan bosan untuk menemui kegagalan; dan lebih baik gagal diawal daripada diakhir.

 

Sumber: Jejak Entrepreneur Universitas Airlangga

Tags :