Berani Berwirausaha, Berani Mengeksplorasi Sesuatu yang Baru Wednesday, 17 January 2018 06:16

PT Culturo Kreatif Sinergi (Culturo) adalah sebuah konsultan pemasaran terpadu alias integrated marketing consultant. Ia adalah Rizky Ramadhan, alumni Ilmu Politik angkatan 2008, yang sekarang sudah menjadi seorang Chief Innovation Producer di perusahaannya sendiri.

Ide dari terbentuknya Culturo ini berawal dari diskusi yang ia lakukan dengan teman-temannya yang sudah lama bekerja di bidang marketing dan sudah pernah menghandle klien-klien besar. Ada suatu keinginan untuk membantu seseorang yang memiliki bisnis baik yang belum menjadi perusahaan besar. Saat itu, Rizky dan partnernya belum memiliki modal untuk mengembangkan perusahaannya ini. Mereka juga masih bekerja di tempat lain.

Rizky merintisnya pada tahun 2015 sampai pertengahan 2016, masa dimana semua orang yang terlibat dalam terbentuknya Culturo masih bekerja dan mengumpulkan modal. Ia bertekad menjalankan usaha bisnisnya ini meski banyak tawaran yang menghampirinya. Tidak ada penyesalan yang ia rasakan, Rizky berpikir bahwa dia mendapatkan keuntungan dari pengalaman yang dia dapat. “Enaknya punya perusahaan sendiri itu, kita jadi bisa berkaca dari pengalaman di perusahaan terdahulu. Hal-hal baik apa saja yang bisa kita contoh dan kembangkan, dan kita bisa menghindari hal-hal buruk yang tentunya tidak baik untuk perusahaan,” katanya.

Rizky sadar bahwa aset perusahaannya ini adalah “manusia-manusianya” karena bentuknya adalah agensi konsultasi. Maka, ia ingin karyawannya lebih produktif dengan cara memberikan stimulasi-stimulasi seperti pemberian gaji bulanan, pemberian bonus bagi yang mendapatkan lebih banyak klien, dan bonus bagi karyawan yang memiliki performa bagus. Culturo memiliki sebuah software yang bisa memantau bagaimana performa kerja pegawainya seperti lingkungan yang nyaman, tujuan yang pasti, dan sistem internal yang menunjang lainnya.

Namun, Culturo kurang dalam hal promosi. Saat ini Culturo sudah mempromosikan jasanya melalui media sosial, mengadakan event, dan tactical campaign  yang menarik dengan mengadakan edukasi misalnya: tentang pentingnya budaya pemasaran dan bagaimana hal itu bekerja dalam suatu bisnis.

Menurut Rizky, suatu perusahaan harus memiliki kunci berbisnis, yaitu harus memiliki fokus yang akan kita raih, kemudian bagaimana cara kita dalam mencapai keinginan tersebut, serta bagaimana cara kita menunjukkan value yang ingin kita sampaikan ke orang lain. Selain itu teamwork juga menjadi kunci yang penting dalam menjalankan suatu bisnis. Dan tentu saja, mau mencoba hal baru dan keluar dari zona nyaman kita.

 

Sumber: Jejak Entrepreneur Universitas Airlangga

Tags :