Arek Jember yang Mengawali Karir di Sumedang Tuesday, 01 October 2019 07:13

Ismawiningsih lahir di Jember pada 28 Juni 1972. Dia menempuh pendidikan S-1 di Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga (Unair) pada 1992–1996.

Selama kuliah di kampus tersebut, dia termasuk mahasiswa yang aktif mengikuti kegiatan mahasiswa di tingkat fakultas maupun universitas. Dia terlibat dalam kegiatan-kegiatan pramuka di kampus dan antarkampus. Dia juga mengikuti forum penalaran lewat diskusi dan penelitian serta aktif dalam senat mahasiswa.

Bahkan, Isma dan teman-temannya merupakan mahasiswa yang kali pertama menerbitkan majalah mahasiswa di FKM Unair. Semua pengalaman itu menjadi modal untuk memperdalam ilmunya hingga dia dan ketiga temannya dikirim untuk mengikuti pekan ilmiah mahasiswa di UGM.

Setelah meraih gelar sarjana dari Unair, Isma memulai karirnya sebagai tenaga kerja magang di Dinas Kesehatan Kabupaten Jember. Pada 1998, dia mendapatkan SK CPNS dengan pangkat penata muda golongan III/a. Dia ditugaskan di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, dan sempat menduduki jabatan kepala seksi.

Pada 2009, Isma dipindahkan ke Sekretariat Badan PPSDM Kesehatan Kementerian Kesehatan sebagai staf. Selama bekerja di Badan PPSDM Kesehatan Kemenkes, dia mendapat kesempatan untuk menduduki beberapa jabatan strategis, seperti Kepala Subbagian Organisasi (April 2012), Kepala Subbagian Perencanaan dan Mutasi Pegawai (Desember 2012), hingga kini menjabat sebagai Kepala Bagian Kepegawaian dan Umum (sejak Juni 2013).

 

Singkirkan Kepentingan Pribadi dalam Bertugas

Untuk Indonesia yang akan datang, Isma sangat berharap SDM yang mengisi jabatan ASN benar-benar orang yang mantap menggadaikan dirinya untuk negara dan mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. Sebab, jika ASN tidak memiliki loyalitas tinggi untuk negara atau memiliki kepentingan sendiri-sendiri, Indonesia bisa hancur.

Karena itu, jika seseorang telah memutuskan untuk menjadi ASN, dia harus menetapkan diri untuk kontrak mati dengan bendera Merah Putih. Dengan begitu, kepentingan-kepentingan pribadi dalam menjalankan tugas dan kewajiban dapat dihindari.

 

Profil Singkat

Nama                                       : Ismawiningsih

Tempat, Tanggal Lahir           : Jember, 28 Juni 1972

 

Pendidikan

  • S-1 Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga Surabaya (1996)
  • S-2 Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (2006)

 

Perjalanan Pekerjaan dan Jabatan

  • Kepala Seksi Penelitian dan Informasi Kesehatan (2003)
  • Kepala Seksi Promosi Kesehatan, Sekretariat Badan PPSDM Kesehatan (2006)
  • Kepala Subbidang Standardisasi, Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Kesehatan (2011)
  • Kepala Subbagian Organisasi, Sekretariat Badan PPSDM Kesehatan (2012)
  • Kepala Subbagian Perencanaan dan Mutasi Pegawai, Sekretariat Badan PPSDM Kesehatan (2012)
  • Kepala Bagian Kepegawaian dan Tata Usaha (2013)
  • Kepala Bagian Kepegawaian dan Umum, Sekretariat Badan PPSDM Kesehatan (2013–sekarang)
Tags :