Berawal dari Cak dan Ning Surabaya Tuesday, 02 June 2020 05:17

 

Universitas Airlangga terbukti bukan hanya sebagai kampus yang melahirkan akademisi. Salah satu di antara alumni Unair juga telah menorehkan sumbangsih prestasi yang membanggakan dalam dunia pageant dari seorang alumni Fakultas Hukum. Ialah Elvira Devinamira Wirayanti atau yang akrab dengan disapa Elvira.

Elvira diterima menjadi mahasiswa Unair pada 2010. Ia diterima sebagai mahasiswa Fakultas Hukum (FH). Sejak menjadi mahasiswa FH Unair, Elvira tak lantas sekadar kuliah lalu pulang. Masa-masa awal studinya pun sudah ia penuhi dengan beragam aktivitas positif non akademik yang menambah daftar prestasinya. Misalnya, di FH Unair Elvira tercatat sebagai anggota ALSA (Association of Law Student in Asia) Unair. Elvira juga bahkan aktif dalam kegiatan Model of United Nations.

Pada 2011, Elvira berkesempatan menjalani study trip ke Seoul, Korea Selatan. Pada 2012, Ia pertama kali bisa berkunjung ke Harvard University, di Boston, Amerika Serikat sebagai delegasi dalam Harvard Model of United Nations atau yang popular di kalangan mahasiswa sebagai HMUN.

“Kunjungan itu merupakan kunjungan pertama saya ke Amerika Serikat dan untuk kali pertama juga mengunjungi Harvard University,” tutur Elvira kepada UNAIR News pada 2017.

 

Sebelum ke Intertainment Hanya Mahasiswa Nerd

Anak pertama dari Henida Prabawati ini memang memiliki jiwa prestatif sejak kecil. Meskipun sebenarnya ia tak pernah membayangkan akan memasuki dunia pageant yang mengantarkannya sebagai wakil Indonesia di kancah internasional.

Elvira yang ternyata juga pandai bermain piano ini sebenarnya tidak terlalu tertarik dalam dunia intertainment. Dulu, Elvira bahkan tak terlalu peduli dengan style atau fashion, apalagi modelling. Ia bahkan sempat dikenal sebagai “nerd” oleh teman-temannya karena terlalu serius belajar.

 

Raih Best National Costume Lewat The Chronicle of Borobudur

Nama Elvira baru mencuat ke permukaan ketika ia berhasil mengharumkan Indonesia di kontes kecantikan ratu sejagat “Miss Universe” pada 2014 Florida, Amerika Serikat.Elvira bukan hanya mampu mempertahankan posisi di 15 besar. Ia dielu-elukan oleh public seantero negeri, saat kostum The Chronicle of Borobudur seberat 20 kilogram yang ia kenakan berhasil menyabet gelar sebagai best national costume.

 

Ajang Miss Universe yang ia ikuti adalah puncak karier cemerlangnya dalam dunia pageant dari deretan daftar prestasi yang ia kantongi terlebih dulu sebelumnya.

 

Dorongan Sang Bunda

Atas dorongan sang Ibundalah, Elvira menjajal bidang baru yang ia tak terlalu pedulikan sebelumnya. “Ibu mempersiapkan saya mengikuti Cak dan Ning Surabaya sebagai uji coba. Apakah saya siap memasuki dunia kontes kecantikan, dan industri hiburan seperti sekarang.

Pada 2012, Elvira mengikuti Kontes Cak Ning yang diselenggarakan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya. Di ajang tahunan Surabaya ini Elvira meraih dua gelar sekaligus. Yakni sebagai runner up pertama dan juara favorit.

Sejak itu, Elvira giat melatih diri sendiri dengan dukungan penuh ibundanya. Menjajal untuk menekuni dunia modeling tanpa agen. Berlatih sendiri. Selama dua tahun, Elvira mempersiapkan diri agar bisa terpilih mewakili Jawa Timur di ajang Puteri Indonesia.

“Persiapan mental, fisik, kemampuan bicara di publik. Saya mempersiapkan pertarungan di wilayah Jawa Timur dengan sangat serius. Saya percaya preparation makes perfection,” tuturnya

Dengan persiapan matang, pada 2014 Elvira mengikuti kontes Puteri Indonesia. Ia berhasil menjadi juara satu di Jawa Timur karena itu ia terpilih mewakili provinsi di Timur Jawa itu ke level nasional.

Pada 29 Januari 2014, pada pemilihan Puteri Indonesia di Jakarta Convention Center, Elvira terpilh menjadi Putri Indonesia 2014. Mahkota Putri Indonesia 2014 pun disematkan kepada Elvira, yang kemudian menjadi pintu gerbang mausk ke ajang Miss Universe di Amerika Serikat.

 

Profil Singkat

Nama                                       : Elvira Devinamira Wirayanti

Tempat, Tanggal Lahir           : Surabaya, 28 Juni 1993

Putri dari                                 : Henida Prabawati

Anak ke                                   : Satu

Hobi                                        : Travelling dan bermain piano

Pendidikan Terakhir                : Fakultas Unair Lulus 2017

 

Prestasi:

  • Runner Up 3 Yamaha Concert
  • Runner Up 3 EF Charity Program
  • Study Trip to Seoul 2011
  • Delegasi Harvard National Model United Nations (HMUN) Conference 2012
  • Runner Up 1 dan Kandidat Terfavorit Cak Ning Surabaya 2012
  • Puteri Indonesia Jawa Timur 2014
  • Puteri Indonesia 2014
  • Semifinalis 15 Besar Miss Universe 2014
  • Best National Costume, Miss Universe 2014
Tags :